-->

Cara Membuat Langsang DIY untuk Memasak Nasi di Gunung

Cara Membuat Langsang DIY untuk Memasak Nasi di Gunung

Bagi kalian pendaki yang menerapkan prinsip Ultralight dalam pendakian anda tentunya demi menghemat budget, anda harus pintar-pintar dalam membeli barang yang dibutuhkan. Untuk lebih berhemat lagi anda bisa membuat sendiri barang-barang yang dapat anda buat dengan mudah namun memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan barang yang dibeli pada brand alat pendakian yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri.

Saat mendaki gunung tentunya anda membutuhkan makan nasi sebagai sumber tenaga. Memasak nasi saat digunung sering kali terjadi nasinya masih kurang matang karena proses pemasakan yang kurang maksimal. Nah, pada artikel kali ini Mimin akan memberikan tutorial cara membuat Langsang DIY supaya nasi yang kita masak matang dengan sempurna, berikut baca langkah-langkahnya sampai selesai.

Cara Membuat Langsang DIY untuk Memasak Nasi di Gunung :

Perlu diingat disini pembuatannya tanpa memerlukan paku dan palu namun dijamin hasilnya bakalan rapi dan kelihatan uwuw. Tapi, anda harus mengeluarkan sedikit uang sekitar kurang lebih 7 ribuan untuk membeli saringan berbahan aluminium yang biasanya dijual di toko gerabah.

Alat dan bahan :

1. Saringan Alumunium
2. Gunting
3. Spidol
4. Amplas
5. Mug yang biasa kalian bawa saat mendaki
6. Pisau
7. Benda tumpul yang cukup keras

Baca juga : Cara membuat kompor ultralight berbahan bakar spirtus dari kaleng

Cara Membuat

1. Pertama-tama buat pola pada saringan alumunium menggunakan mug dan tandai dengan spidol pastikan pola sama dengan diameter mug anda.
2. Selanjutnya robek saringan yang sudah diberi pola tadi menggunakan pisau tapi, jangan merobek di pola nya.
3. Setelah saringan sedikit robek lalu gunting dan sesuaikan dengan pola yang sudah dibuat supaya hasilnya rapih.
4. Pastikan diameter saringan sama dengan diameter mug tidak kurang dan tidak lebih.
5. Selanjutnya coba masukan saringan kedalam mug, jika belum bisa masuk amplas bagian pinggir mug supaya bisa masuk dan bekas guntingan tadi tidak kasar.
6. Setelah saringan dapat masuk ke dalam mug selanjutnya buat sanggahan dengan cara pukul-pukul bagian luar mug dengan benda yang tumpul supaya ada sedikit tonjolan untuk menyangga saringan tersebut, tinggi dari tonjolan yang dibuat alangkah baiknya sekitar 3 cm an dari bawah mug.

Kelebihan dari membuat Langsang DIY adalah harganya murah dan proses pembuatan yang cukup mudah. Itulah cara membuat Langsang DIY versi Mimin terima kasih sudah membaca semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar