-->

Cara Membuat Kompor Ultralight Berbahan Bakar Spirtus dari Kaleng Bekas

Cara Membuat Kompor Ultralight Berbahan Bakar Spirtus dari Kaleng Bekas

Camping di alam atau mendaki gunung merupakan kegiatan yang tergolong ekstrem. Kegiatan ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan butuh beberapa persiapan sebelum melakukan kegiatan ini contohnya seperti menyiapkan tenda, alat tidur, alat masak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan banyaknya barang yang harus kita bawa tentunya memiliki berat yang tidak ringan. Namun ada dua jenis barang-barang atau alat untuk camping tersebut yaitu konvensional dan Ultralight. Membahas tentang Ultralight, apa sih yang dimaksud peralatan camping ultralight?.

Ultralight hiking atau camping adalah membawa peralatan dan perbekalan yang ringan tetapi tidak meninggalkan prinsip keamanan dan kenyamanan. Membahas tentang Ultralight atau yang biasa orang sebut dengan UL pada artikel kali ini Mimin akan memberikan tutorial cara membuat kompor Ultralight berbahan bakar spirtur dari kaleng bekas.

Berikut Cara Membuatnya :


A. Alat dan Bahan

Sebelum lanjut ke tutorial untuk membuatnya ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu :
• Satu Kaleng minuman ringan 330 ml
• Penggaris
• Spidol permanen
• Pisau atau cutter
• Gunting
• Tang
• Hand drill atau Bor tangan ( bisa juga memakai peniti atau jarum yang cukup besar )
• Serat besi yang biasa untuk mencuci piring
• Kertas HVS

B. Proses Pemotongan

Cara Membuat Kompor Ultralight Berbahan Bakar Spirtus dari Kaleng Bekas
1. Hilangkan motif atau cat kaleng minuman dengan menggosok permukaan kaleng menggunakan serat besi yang biasa untuk mencuci, saran gosok saat kaleng belum dibuka supaya mempermudah penggosokan karena kaleng masih keras. Untuk mendapatkan hasil yang bagus pada saat penggosokan bisa diberi air atau cairan pencuci piring.

Baca jugaCara Membuat Langsang DIY untuk Memasak Nasi di Gunung

2. Setelah motif atau cat pada kaleng hilang selanjutnya gores diameter bagian atas kaleng menggunakan pisau atau cutter bisa 3-4 goresan. Lalu keluarkan isi kaleng, lubangi bagian atas kaleng sesuai dengan diameter kaleng yang sudah di gores tadi, setelah berlubang amplas supaya permukaannya tidak tajam.

3. Ukur bagian atas kaleng 3 cm dan bagian bawah kaleng 2 cm, buatlah garis melingkar sesuai ukuran menggunakan kertas HVS dan spidol permanen.

4. Selanjutnya ukur bagian atas kaleng sekitar 1 cm gunanya untuk membuat lubang kecil sebagai jalannya api, buat lubang mengelilingi kaleng dengan hand drill atau peniti.

5. Potong bagian atas dan bawah kaleng yang sudah diberi pola.

6. Setelah bagian atas dan bawah kaleng terpotong, lanjut potong sisa potongan kaleng selebar 3 cm untuk membuat bagian dalam pada kompor.

C. Proses Perakitan

Setelah semua bagian terpotong sesuai dengan ukurannya selanjutnya masuk pada tahap perakitan kompor :
1. Gulung yang akan menjadi bagian dalam/inner kompor yang sudah dipotong tadi. Buat kuncian dengan cara menggunting sedikit sisi bawah pertemuan antara masing-masing ujung tujuannya adalah selain dari mengunci agar gulungan tidak lepas juga sebagai jalan spirtus masuk ke sela-sela antara bagian inner dan dinding bagian luar.

2. Setelah itu satukan kaleng bagian atas, inner dan kaleng bagian bawah dengan catatan posisikan kuncian pada gulungan tadi di bagian bawah.

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Kompor Ultralight Berbahan Bakar Spirtus dari Kaleng adalah :

*Kelebihan :
A. Biaya produksi cukup murah, dibuat dengan bahan satu kaleng saja.
B. Terbilang cukup irit dalam penggunaan bahan bakar, untuk mendidihkan air 400 ml hanya memerlukan waktu sekitar 4 menitan saja.
C. Berat dari kompor tidak lebih dari 10 gram

*Kekurangan :
A. Bahan bakar mudah tumpah saat tersenggol
B. Jika bahan bakar lebih setelah digunakan untuk memasak untuk memasukan sisa bahan bakar ke dalam botol cukup sulit, sehingga anda perlu mengingat volume bahan bakar yang digunakan entah itu untuk memasak maupun sekedar memanaskan air.

Itulah cara membuat kompor ultralight berbahan bakar spirtus dari kaleng, semoga artikel ini membantu anda. Terima kasih banyak sudah membaca.
LihatTutupKomentar